Diary BA Mahasiswa UHAMKA 2023


DIARY BAITUL ARQAM 

MAHASISWA BARU UHAMKA 2023

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
  
      Haloo HAMKA MUDA👋🏻

    Perkenalkan saya Nisrina Nuralifia Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka aku dari Fakultas Farmasi dan Sains prodi yang saya ambil yaitu Farmasi.saya dari kelompok 10 gelombang 2 ,saya mau menceritakan kegiatan apa saja yang dilakukan selama Baitul Arqam ini selama 3 hari di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan(FKIP).

Baitul Arqam adalah kegiatan yang diselanggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman islam,menciptakan kesamaan dan kesatuan sikap.

Hari pertama Baitul Arqam Jumat 11 Agustus 2023

    Saya bangun pukul 04.00 pagi setelah itu saya langsung bergegas siap siap karna takut telat,setelah sudah siap saya menyiapkan barang barang yang belum ada di list an,setelah semua barang sudah lengkap dan sudah adzan subuh saya langsung bergegas untuk sholat subuh,setelah itu saya langsung siap siap berangkat ke FKIP .saya berangkat kesana sekitar jam 05.30.sekitar jam 06.09 saya sudah sampai,lalu setelah sampai FKIP saya langsung baris di lapangan sesuai dengan kelompok,sambil menunggu arahan dari kakak panitianya saya berkenalan dengan teman teman sekelompok, setelah itu kakak panitianya mengabsen kehadiran lalu semua barang di cek sama kakak panitia,setelah itu menunggu arahan dari kakak panitianya untuk masuk keruangan,giliran kelompokku yang sudah diperbolehkan naik ke ruangan,kelompokku kebagian dilantai 4 ,lumayan cape kelantai 4 naik tangga dengan barang bawaan yang lumayan banyak dan berat agak ngos ngosan,setelah sampai di lantai 4 kita diperbolehkan masuk kedalam kelas dan sudah disambut sama kakak instrukturnya,oiyaa kaka instruktur kelompok saya di pegang sama Ka Eza. pas sudah didalem kelas kami diabsen sama ka Eza dan sambil perkenalan,lalu setelah berkenalan kaka Eza menjelaskan kontrak belajar selama dikelas.oiya kita juga disuruh untuk mengisi pretest yang ada di OLU,setelah itu kami disuruh naik kelantai 6 untuk pembukaan Baitul Arqam.oiyaa sebelum acara pembukaan di mulai kita semua disuruh latihan terlebih dahulu untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah. acara pembukaan pun dimulai rangkaian tersebut dimulai dari pembacaan Al-qur’an,menyanyikan Indonesia Raya,Mars Muhammadiyah,sambutan bapak wakil rektorat,sambutan bapak ketua lppkaik,dan penyerah peserta BAM ke MOT,perkenalan kakak instruktur dan kakak panita,setelah acara pembukaan BAM selesai kami di perbolehkan untuk kembali kedalam kelas ,dan kami disuruh untuk mengerjakan mid mapping yang dikerjakan secara perkelompok dan di presentasikan setelah itu hp dikumpulkan sedih banget gabisa megang hp 3 hari,lalu karna waktu sudah mau dzuhur yang laki-laki siap siap untuk sholat jum’at dan yang perempuan sholat zuhur,abis itu kita disuruh naik ke aula untuk makan siang .setelah makan siang kita disuruh untuk kembali ke kelas untuk melanjutkan materi pertama yaitu islam berkemajuan setelah materi  selesai kita sholat ashar dan setelah itu melanjutkan materi kedua yaitu Ilmu amaliah amal ilmiah materi berakhir mendekati waktu magrib setelah materi selesai kami siap siap untuk melaksanakan sholat magrib dan makan malam sehabis itu lanjut sholat isya selesai sholat isya kami kembali kedalam kelas untuk melanjutkan materi ketiga yaitu tentang tokoh Inspiratif sampai jam 21.00 setelah materi berakhir kita  dilanjutkan untuk focus group discossion dari ketiga materi ini dan di presentasikan sampai jam 22.00 setelah itu kami disuruh baris dilapangan untuk pembagian kamar.setelah pembagian kamar dilanjut untuk bersih bersih,setelah itu saya dan temen temen ngobrol sebentar didalam satu kamar setelah itu istirahat karna sudah lelah banget,ngantuk berat dan takut kesiangan bangun sholat Tahajud.

Hari Kedua Baitul Arqam  Sabtu 12 Agustus 2023

Jam 03.00 saya dibangunin kaka panitianya untuk melaksanakan sholat tahajud,setelah saya ngumpulin nyawa saya langsung bergegas kekamar mandi untuk cuci muka dan gosok karna jam sudah mau mendekati 03.30 jadi saya buru buru untuk mengganti pakaian olahraga setelah sudah siap saya dan teman-teman langsung pergi ke masjid.lalu sesampainya di masjid kami di absen sama kakak panitianya lalu setelah itu melaksanakan sholat tahajud dilanjut sholat witir sambil nunggu adzan subuh kami mendengarkan kultum dari teman teman kelompok lain.sambil mendengarkan kultum saya tidur karna saya masih ngantuk setelah adzan subuh lalu sholat subuh.selesai sholat subuh kita disuruh baris dilapangan sesuai kelompok .lalu kita senam pagi setelah itu kita sarapan pagi. selesai sarapan kita di kasih waktu untuk siap siap untuk melanjutkan materi berikutnya yaitu praktek ibadah.lalu saya dan teman teman untuk siap dan mengganti pakaian hari kedua yaitu batik dan kerudung kuning lalu setelah sudah siap semua saya dan teman teman pergi ke kelas.pas sudah sampai di kelas saya dan teman teman saya mengulang ulang bacaan sholat,lalu setelah itu saya di tes bacaan sholat,tata cara wudhu,membaca Al-qur’an.karna kelompok saya pentas seni nya kebagian bernyanyi maka sebagian dari kami menyiapkan lagu yang akan di bawa kan untuk pentas seni nanti malam.lalu setelah waktu praktek ibadah selesai kami di suruh ke masjid untuk melanjutkan materi selanjutnya yaitu ibadah sesuai Al-qur’an dan sunnah.setelah materi selesai kami sholat dzuhur dan makan siang setelah itu kami di suruh membuat pleno berkelompok lalu di presentasikan.lalu lanjut ke materi berikutnya tentang adab mahasiswa uhamka setelah materi selesai kami perkelompok di suruh untuk membuat pleno tentang tokoh inspiratif karna waktu sudah ashar kami sholat ashar.setelah sholat ashar kami melanjutkan pleno tersebut setelah itu masing masing kelompok akan mempresentasikan hasil plenonya di depan teman teman yang lain.selama debat pleno saya kagum sama teman teman yang lain,keren keren banget,adu argumentasi yang bikin seru,selesai debat pleno kami melanjutkan sholat magrib lalu setelah itu makan malam,setelah makan malam selesai hp di bagikan oleh kakak instrukturnya untuk mengisi pretest dan evaluasi mengenai bam ini lalu saya dan kelompok membuat yel-yel dan latihan sebentar untuk pentas seni setelah itu sholat isya’ lalu lanjut naik ke aula untuk pentas seni di pentas seni ini kelompok saya menampilkan yel-yel dan menyayikan manusia kuat dan lomba menyayikan mars muhammadiyah.sepanjang pentas seni saya sudah ngantuk,badan saya sudah tidak enak mau cepet cepet tidur,pentas seni berakhir jam 22.00 lalu setelah itu kita diperbolehkan kembali ke kamar untuk istirahat,setelah sampai kamar saya langsung bersih-bersih lalu ngobrol sebentar dengan teman-teman saya lalu abis itu istirahat.

 

Hari Ketiga Baitul Arqam  Minggu 13 Agustus 2023

Jam 03.00 kami dibangunin untuk sholat tahajud karna saya masih ngantuk saya lanjut tidur sebentar lalu ga lama kaka panitianya sudah mengetok-ngetok pintu akhir saya dan temen temen kamar saya bangun,pas saya keluar kamar saya melihat teman teman yang lain sudah berganti pakaian menjadi pakaian hari ketiga yaitu batik dan kerudung merah lalu saya berganti pakaian dengan buru buru karna waktu sudah mepet 03.30..lalu saya dan teman teman saya buru buru kemasjid karna takut telat,pas sampai dimasjid kita absen kehadiran untungnya saya tidak telat, setelah itu melaksanakan sholat tahajud di lanjut sholat witir sambil nunggu adzan subuh ada kultum setelah kultum selesai lanjut sholat subuh abis itu kita kembali kekamar untuk siap siap penutupan,sesampainya di kamar saya beres-beresin barang,bersih bersih,makeup tipis tipis setelah sudah rapih saya dan temen temen naik tangga lagi kelantai 6. Setelah sampai di aula kita sarapan pagi dulu. lalu penutupan dimulai rangkaian dimulai menyanyikan lagu indonesia raya,mars muhammdiya,sambutan peserta terbaik,sambutan ketua lppaik,dan laporan mentoring,dan membaca Ikrar Mahasiswa setelah acara sudah selesai ada sesi foto perkelompok  dengan kaka instruktur, setelah itu kumpul dengan kaka instruktur untuk pembagian hp dan ada penjelasan sedikit untuk tugas blog setelah itu saya dan teman teman foto foto dengan ka eza.setelah itu saya kembali ke kamar ngambil tas dann pulangggg yeeeyyyy🙌🙌

                                                                                             
 
Kegiatan BAM ini seru sekalii, kegiatan paling berkesan didalam hidup saya,dari kegiatan ini saya banyak mendapatkan ilmu,wawasan pengetahuan yang tadinya saya tidak tahu menjadi tahu,BAM ini mengajarkan saya untuk disiplin dengan waktu,mandiri,belajar percaya diri didepan semua orang terus saya juga dapet teman yang baik,yang solid dan kompak walaupun kita kenal cuma 3 hari dan senang mendapatkan kakak instruktur yang baik hati,yang sabar mendapingin kita dan juga mengajarkan kita.

Demikian cerita saya mengenai kegiatan Baitul Arqam Mahasiswa Baru Uhamka 2023,banyak kenangan dari kegiatan ini,Mohon Maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan dan kalimat saya yang kurang berkenan.
Terima Kasih Semuanya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Komentar